Kain Tenun Bima part 2

Saya abis gajian lohh.. Wekeke gak ada yang nanya ya? Ya uda

h sik gak papa, saya cuma mau pamer aja. Weeks :p
Hihi gak kok, gak mau bahas gaji, saya kan rendah hati πŸ˜€
Ahh udah ah basa basi garingnya, saya mau nulis tentang kain tenun Bima aja ya. Ya bukan karna saya ahli sik, tapi karna saya sotoy pengen ngenalin kain tradisional ini ke warga dunia maya aja. Hihi gak deng.. Alesan sebenernya karna saya terenyuh ngeliat blog stats saya yang rata-rata pada nyasar ke sini dengan kata kunci : kain tenun Bima. Saya kesian aja, yang mampir dapetnya foto bluwek :))
Tapi emang sih ya, kain tenun Bima itu gak sepopuler kain ulos, batik, songket, bahkan kain tenun dari pulau tetangganya yaitu NTT. Saya kurang tau juga sik kenapa kain Bima kurang terkenal, padahal motifnya (menurut saya) bagus-bagus. Jangankan kain tenunnya, Bima di mana letaknya aja masih banyak yang belum tau *jejelin peta* . Makanya nih ya, dulu waktu masih kuliah, saya kalo ditanya asalnya darimana pasti saya jawab dari Cilacap. Hehe abisnya saya males ngejelasin panjang lebar. Saya kan juga orang Cilacap. Kalo saya bilang saya orang Bima, tar ada pertanyaan lanjutan “Bima itu dimana ya?” “emang ada ya kota namanya Bima? Kok gue ga tau? Ihh pasti gak ada di peta kan? *grrrrrr* *jejelin globe sekalian*.
Okeh, sebelum saya bahas tentang kain Bima, saya mau berbagi sedikit kesotoy-an saya dulu ya tentang Bima. Jadiii.. Bima itu terbagi dua, satu Kotamadya dan satu wilayah Kabupaten, nah wilayah yang sering masuk tipi karna sering rusuh ini wilayah Kabupaten, saya gak tau juga penyebab rusuhnya, tapi itu bikin saya sport jantung kalo orang kabupaten rusuh bahkan sampe bakar-bakar kantor kabupaten. Soalnya kantor kabupatennya masih di wilayah kotamadya Bima (kota Bima baru terbentuk awal 2000an, CMIIW) yang mana orang tua saya tinggal di situ. Kan serem yak kalo sampe nyebar, tapi alhamdulillah gak sik.Β  Terus, Bima itu letaknya di ujung timur pulau Sumbawa, yah udah deket lah sama NTT, terus yang menarik dari Bima adalah makanannya \m/. Saya setiap kali pulang ke Bima selalu minta dimasakin cumi-cumi, ikan kakap merah, ikan ummm pokoknya banyak deh. Masaknya aja sederhana banget, minim bumbu tapi rasanyaaaaa.. huahh enyaakkk! Tuhkan saya ngiler :D. Hasil lautnya tuh seger-seger, saya selalu balas dendam makan ikan kalo pulang ke Bima, apalagi cumicumi sama kakap, abisnya di Jawa kan mahal ya kakap tuh, trus kurang seger juga. Haha kok jadi bahas makanan gini sik? Hihi oke fokus! Kain tenun Bima kan ya? ini penampakannya (maap kalo bluwek yee) image Ehehehe.. Jadi.. Kain tenun Bima itu selalu ada benang emasnya errr.. yang saya punya dan lihat selalu seperti itu *bah referensi macam apa ini*. Gak tau make benang apa tapi warna kainnya terkesan mengkilat gitu deh. Eh ada juga yang gak sik, kain sarung saya, ntar deh kapan-kapan saya foto. Saya suka banget sama sarung Bima ini, motif sederhana tapi cantik, bahannya tebal, lembut banget, terkesan berat padahal ringan, trus seperti bisa nyesuain iklim gitu deh, kalo cuaca lagi dingin, bisa angetin badan, kalo cuaca lagi panas, kainnya berasa adem di badan. Ya mungkin perasaan saya doang, tapi beneran deh, rasanya enak banget pake sarung itu :D. Di Bima, kain tenunnya mulai dapet perhatian lagi, dan jadi pakaian kerja, tulisannya pernah saya post disini. Trus apalagi ya? Oh mengenai harga, itu juga bervariasi, tapi rata-rata udah 100ribuan gitu deh yang paling murah. Soalnya kemahalannya juga ditentuin sama tingkat kesulitan dan ketebalan kainnya. Kain Bima ini ditenun dengan alat yang masih tradisional, terus model tenunnya ditumpuk-tumpuk gitu, jadi selain tingkat kesulitan, ketebalan kain juga berbanding lurus sama harga. Ya namapun handmade ya, nilai seninya itu ada banget, bikinnya juga gak bisa jebret 10000m, jadi ya harganya mahal. Sayangnya anak-anak mudanya juga jarang yang bisa bikin kain tenun ini, dan rata-rata pembuatnya itu didaerah pedalaman. Ya harapannya semoga kain tenun Bima bisa mengIndonesia lalu mendunia. Ahh jadi rindu sama kampung halamanku ini, maaf terkesan menganaktirikan Bima sebagai kampung halaman, janji deh mau belajar lebih dalam tentang Bima, umm dimulai dari bahasanya dulu kali yaaa,, hihi ketauan deh gak bisa bahasa Bima. Kan saya orang jawa kakaak :D. Jadi, ada yang mau pesan kain Bima ke saya? #eaaaa *ujung-ujungnya promosi*

4 thoughts on “Kain Tenun Bima part 2

  1. Jadi sebenernya dirimu orang cilacap apa bima? hayyoo ngakuuuu… *eh. pertanyaan macam apa inih?*
    Iiiih…. Pengen deh punya kain2 cantik kek gituu.. Mau donk klo gratisan. *muka gratisan* *nyolot* πŸ˜€

Leave a comment